LAYANAN YANG DI BERIKAN PADA TELEMATIKA
Teknologi informasi dan komunikasi, pada masa sekarang tidak dapat
dilepaskan dengan telematika (cyberspace). Perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi, telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan di masyarakat, antara
lain dalam alam perkembangannya, teknologi telematika ini telah menggunakan
kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah
besar informasi dapat ditransmisikan dengan jangkauan, menurut keperluan,
sampai seluruh dunia. Pada saat ini informasi sudah banyak berkembang
sedemikian rupa, hanya saja harus adanya dukungan teknologi. Teknologi
telematika yang telah berkembang sehingga mampu menyampaikan suatu informasi.
Sebagai contoh, sekarang semua orang sudah memunyai handphone, dan semakin hari
semakin pesat perkembangan.
Layanan Informasi pada telematika
Pengertian Layanan Informasi adalah penyampaian berbagai
informasi kepada sasaran layanan agar individu dapat memanfaatkan informasi
tersebut demi kepentingan hidup dan perkembangannya. Informasi adalah
salah satu asset penting yang sangat berharga bagi kelangsungan hidup suatu
organisasi/bisnis, pertahanan keamanan dan keutuhan negara, kepercayaan publik
atau konsumen, sehingga harus dijaga ketersediaan, ketepatan dan keutuhan
informasinya. . Informasi dapat disajikan dalam berbagai format seperti: teks,
gambar, audio, maupun video. Tujuan layanan informasi secara umum agar
terkuasainya informasi tertentu sedangkan secara khusus terkait dengan fungsi
pemahaman (paham terhadap informasi yang diberikan) dan memanfaatkan informasi
dalam penyelesaian masalahnya.
Contoh
dari layanan informasi tersebut adalah sebagai petunjuk jalan. Dan
beberapa contoh lainnya adalah :
a. M
– Commerce
b. VOD
c. News
and weather
Layanan Keamanan pada telematika
Layanan
keamanan adalah suatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam
jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Sistem dari keamanan ini juga
membantu untuk mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan
menempatanya. Jika ketika jaringan berhasil ditembus. Keamanan jaringan di sini
adalah memberikan peningkatan keamanan tertentu untuk jaringan. Seperti
contohnya dengan menggunakan Firewall dan juga anti virus yang ada.
Layanan Perbaikan Sumber
Layanan telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber.
Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk
penemuan layanan utilitas yang diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam
pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Layanan perbaikan
sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM).
SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi,
media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di
lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada
umunya.
Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan
untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan
tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan
meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi secara efektif dan optimal.
Sasaran utama dalam upaya pengembangan SDM telematika sebagai berikut :
a) Peningkatan
kinerja layanan public yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan
kecerdasan masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai
katalisator pembangaunan.
b) Literasi
masyarakat di bidang teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old
generator dan today generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.
Terdapat 6
macam fitur Teknologi yang
terkait antar muka telematika.Fitur-fitur
itu antara lain:
1.
Head
Up Display (HUD)
Head Up Display (HUD)
merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan
penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal
nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang
terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah
bawah bagian instrumen.
Teknologi
ini pada awalnya digunakan pada bidang militer saja, seperti penggunaan pada
pesawat tempur berikut ini:
Gambar
1. Penggunaan HUD pada pesawat F-16
Kini
teknologi Head Up Display (HUD) juga diterapkan oleh industri otomotif di
dunia, dan BMW menjadi pabrikan otomotif pertama yang meluncurkan produk massal
dengan teknologi HUD di kaca depannya. Teknologi ini tak hanya memberi
kenyamanan bagi pengemudi, melainkan juga keselamatan berkendara.
Tidak
sampai di situ, HUD juga diharapkan mampu menjadi alat bantu ketika mengemudi
dalam kabut yang tebal atau kegelapan malam. Dengan tambahan beberapa sensor
sonar dan kamera night vision, kaca depan mobil nantinya mampu menunjukkan
area-area penting dari jalanan yang berada di depan mobil, seperti tepi jalan,
rambu, dan objek yang melintas di depannya. Berikut merupakan contoh penggunaan
HUD di masa depan.
KELEBIHAN DARI LAYANAN TELEMATIKA
Ø
sangat
penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau
hilang.
Ø membantu untuk mengamankan jaringan
tanpa menghalangi penggunaannya dan menempatanya.
Ø memberikan peningkatan keamanan
tertentu untuk jaringan.
Ø untuk mengerti akan
kebutuhan dari user, network, lingkungan.
Ø sangat dibutuhkan
suatu teknologi yang dapat memberikan kemudahan bagi user untuk mengakses
informasi setiap saat user membutuhkannya.
Ø dapat digabungkan
dengan beberapa data dan informasi yang di inputkan dari user.
Ø berfungsi untuk
penemuan layanan utilitas yang diperlukan.
Ø berfungsi dalam
pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Ø meningkatkan
kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk
mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan
kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
secara efektif dan optimal.
KEKURANGAN PADA LAYANAN TELEMATIKA
v Data yang mudah terhapus dan
kehilangan data yang akan di proses.
v Terjadinnya kehilangan jaringan pada
layannan informasi yang akan di gunakan pada komputer ketika komputer
bermasalah.
v Biaaya yang mahal untuk penempatan
atau penggalokasian sistem tersebut.
v Terjadinya kebobolan data pada
sistem.
v Kesusahan pada jaringan pada saat
berada di daerah yang susah di jangkau pada daerah terpencil.
SARAN
Pada pembahasan kali ini penulis
menyarankan agar dapat dipergunakan dengan apa yang telah ada pada layanan
telematika dan di pergunakan dengan sebaik – baiknya. Jadi apa yang telah di
berikan pada layanan telematika perananya sangat penting bagi para pengguna
tehknologi dan informasi untuk menunjang kinerja suatu
sistem kelangsungan dan penggembangan tehknologi yang lebih baru.
Dan untuk
kekurangan – kekurangan yang ada lebih di perbaikin lagi.
Sumber :