1. Teks berjalan dari kanan ke kiri

"ASALAMUALAIKUM"welcome to my blogger SEDIKIT MEMBANTU DAN BERBAGI

Sabtu, 26 Januari 2013

SALAH SATU JENIS TRANFORTASI

MACAM DAN JENIS KAPAL KAPAL SERTA FUNGSI YG ADA DI DUNIA PELAYARAN

Banyak orang awan yg belum paham dgn scope kerja pelaut. dan bahkan pelaut tsb yg baru terjun belum memahami dgn baik.makanya hari ini aku mau nulis tentang yg satu ini tentang macam jenis kapal dan fungsinya. kata istilah kapal adalah sarana alat angkut/tranfortasi yg di gunakan sebagai kendaran di atas air baik yg mengunakan mesin atau mengunakan layar sebagi tenaga penggerakanya. nah. kapal yg ada saat ini macam macam typenya:
1. tanker, adalah kapal yang dirancang untuk mengangkut cairan dalam jumlah besar. Jenis utama dari tankship termasuk tanker minyak, kapal tanker kimia, dan pembawa gas alam cair.
Kapal tannker inisial pun Illustrasi pengangkutan di BAGI BAGI Lagi bahasa Dari hormone hormon atau typenya. JUGA Akan berbeda Beda. makin berbahaya muatan yg di Bawah Maka sistem desain Kapal ITU pun Akan makin Canggih. demi Keselamatan si awak Kapal tsb.

2. pembawa mobil shi / roll-on/roll-off (RORO atau ro-ro) kapal adalah kapal dirancang untuk membawa kargo beroda seperti mobil, truk, semi-trailer truk, trailer atau gerbong kereta yang didorong dan mematikan kapal pada mereka sendiri roda. Hal ini berbeda dengan lo-lo (angkat on-lift off) kapal yang menggunakan derek untuk memuat dan membongkar muatan.Kapal RORO telah built-in landai yang memungkinkan kargo untuk secara efisien "berguling" dan "berguling" kapal saat di pelabuhan. Sementara feri kecil yang beroperasi di sungai dan jarak pendek lainnya masih sering memiliki built-in landai, yang RORO istilah umumnya dicadangkan untuk besar kapal laut-akan. Landai dan pintu mungkin tegas-satunya, atau haluan dan buritan untuk loading cepat.
3. Sebuah feri (atau kapal feri) adalah bentuk transportasi, biasanya perahu atau kapal, digunakan untuk membawa (atau feri) penumpang dan kendaraan mereka di badan air. Feri juga digunakan untuk angkutan barang (dalam truk dan kontainer pengiriman kadang-kadang unpowered) dan bahkan gerbong kereta. Kebanyakan feri beroperasi pada teratur, sering, layanan kembali. Sebuah feri kaki penumpang dengan banyak berhenti, seperti di Venesia, kadang-kadang disebut taksi air atau air bus.
3. Sebuah kapal pesiar atau kapal pesiar adalah kapal penumpang yang digunakan untuk perjalanan kesenangan, di mana pelayaran itu sendiri dan fasilitas kapal adalah bagian dari pengalaman. Cruising telah menjadi bagian utama dari industri pariwisata, dengan jutaan penumpang setiap tahun. . Kapal pesiar beroperasi sebagian besar pada rute yang kembali penumpang ke pelabuhan mereka berasal. Sebaliknya, didedikasikan transportasi kapal laut berorientasi melakukan "perjalanan line" dan biasanya penumpang transportasi dari satu titik ke titik lain, bukan pada perjalanan pulang pergi. Beberapa kapal pesiar ini juga terlibat dalam perjalanan panjang yang mungkin tidak mengarah kembali ke port yang sama selama berbulan-bulan (perjalanan lagi putaran
4. Kapal kontainer kargo adalah kapal yang membawa semua beban mereka dalam truk ukuran kontainer intermodal, dalam teknik yang disebut pengepakan. Mereka membentuk sarana umum angkutan komersial intermodal containerization transport.dgn sistem Maka pemuatan Dan pembongkaran Akan menjadi CEPAT. biasanya 4 s / d 6 jam Kapal sudah SIAP untuk berlayar Dilaporkan.
5. Sebuah bulk carrier, bulk kargo, atau Bulker adalah kapal dagang yang dirancang khusus untuk mengangkut kargo curah unpackaged, seperti biji-bijian, batu bara, bijih semen, dan kargo yang memegang. kelebihan Bahasa Dari Kapal inisial adalah Daya angkut yg Besar karena rusak stowagenya pun Kecil.
6. Tongkang adalah perahu datar-bottomed, dibangun terutama untuk transportasi sungai dan kanal barang berat. Beberapa tongkang tidak self-propelled dan perlu ditarik oleh kapal tunda atau didorong oleh towboats.
7. Hopper tongkang adalah jenis non-mekanik kapal atau kapal yang tidak bisa bergerak dengan sendirinya, tidak seperti beberapa jenis lain dari tongkang. Dirancang untuk membawa bahan-bahan, seperti batu, pasir, tanah dan sampah, untuk dumping ke laut, sungai atau danau untuk reklamasi lahan.
8. Sebuah kapal angkat berat adalah kapal yang dirancang untuk memindahkan beban yang tidak dapat ditangani oleh kapal biasanya dilengkapi. Mereka terdiri dari dua jenis: semi-submersibles mampu mengangkat kapal lain keluar dari air dan transportasi itu, dan kapal untuk menambah fasilitas bongkar muat di pelabuhan tidak cukup dilengkapi.
9. Sebuah Produksi Storage, Apung dan kapal Offloading (FPSO, juga disebut "unit" dan "sistem") adalah jenis sistem tangki apung yang digunakan oleh minyak lepas pantai dan industri gas dan dirancang untuk mengambil semua minyak atau gas yang dihasilkan dari platform terdekat atau template, memprosesnya, dan menyimpannya sampai minyak atau gas dapat diturunkan ke kapal tanker atau diangkut melalui pipa.
10. Sebuah kapal dukungan menyelam adalah kapal yang digunakan sebagai dasar untuk proyek-proyek floating menyelam profesional
11. Kapal pemadam kebakaran adalah sebuah perahu khusus, sering menyerupai kapal tunda, dengan pompa dan nozel yang dirancang untuk memerangi garis pantai dan kebakaran kapal.
12. Sebuah pasokan platform kapal (sering disingkat sebagai PSV) adalah kapal yang dirancang khusus untuk memasok platform minyak lepas pantai. Kapal ini berkisar 65-350 meter panjangnya dan menyelesaikan berbagai tugas. Fungsi utama untuk sebagian besar kapal angkutan barang dan personil ke dan dari platform minyak lepas pantai dan struktur lepas pantai lainnya
13. Sebuah kapal tunda (tug) adalah perahu yang manuver kapal dengan mendorong atau penarik mereka. Tugs memindahkan kapal yang seharusnya tidak bergerak sendiri sendiri, seperti kapal di pelabuhan ramai atau kanal sempit, atau mereka yang tidak bisa bergerak sendiri, seperti tongkang, kapal cacat, atau platform minyak. Kapal tunda yang kuat untuk ukuran mereka dan sangat dibangun, beberapa laut-pergi. Beberapa kapal tunda berfungsi sebagai pembuka percakapan atau perahu penyelamatan. Kapal tunda awal memiliki mesin uap, saat ini mesin diesel yang digunakan.
14. Lapisan kabel atau kapal kabel adalah kapal laut yang dirancang dan digunakan untuk memasang kabel bawah laut untuk telekomunikasi, listrik, dan semacamnya. Sebuah suprastruktur besar, dan satu atau lebih gulungan yang makan dari jendela di atas pintu, membedakannya dari jenis lain kapal.
15. Sebuah kapal crane, kapal crane atau floating crane adalah kapal yang khusus dalam mengangkat beban berat. Kapal derek terbesar sering digunakan untuk konstruksi lepas pantai. Kapal yang lebih besar sering semi-submersible, tetapi juga monohulls konvensional digunakan. Salah satu perbedaan dengan sheerleg adalah bahwa crane dapat berputar.
16. Drillship adalah kapal maritim yang telah dilengkapi dengan peralatan pengeboran. Hal ini paling sering digunakan untuk eksplorasi pengeboran minyak baru atau sumur gas di perairan dalam atau untuk pengeboran ilmiah. Drillship ini juga dapat digunakan sebagai platform untuk melaksanakan dengan baik pekerjaan pemeliharaan atau penyelesaian seperti casing dan tubing instalasi instalasi atau subsea pohon. Hal ini sering dibangun dengan spesifikasi desain perusahaan produksi minyak dan / atau investor, tetapi juga bisa menjadi lambung kapal tanker dimodifikasi dilengkapi dengan sistem positioning yang dinamis untuk mempertahankan posisinya selama well.Drillships hanya salah satu cara untuk melakukan pengeboran eksplorasi. Fungsi ini juga dapat dilakukan oleh Semi-submersible, tongkang jackup, tongkang, atau rig platform.
17. Pengerukan adalah kegiatan penggalian atau operasi biasanya dilakukan setidaknya sebagian di bawah air, di laut dangkal atau daerah air tawar dengan tujuan mengumpulkan sedimen bawah dan membuang mereka di mengeruk location.A berbeda adalah perangkat untuk menggores atau mengisap dasar laut , Pengerukan dapat menghasilkan bahan untuk reklamasi atau keperluan lainnya (biasanya terkait dengan konstruksi),
18. Sebuah kapal penangkap ikan adalah perahu atau kapal yang digunakan untuk menangkap ikan di laut, atau di danau atau sungai. Berbagai jenis kapal yang digunakan dalam penangkapan ikan komersial, artisanal dan rekreasi.
19. penelitian kapal (RV atau R / V) adalah kapal dirancang dan dilengkapi untuk melakukan penelitian di laut. Kapal penelitian melaksanakan sejumlah peran. Beberapa peran dapat dikombinasikan ke dalam satu kapal, yang lainnya memerlukan kapal khusus.
20. Harbor kapal tunda. Kapal tunda historis adalah kapal layar pertama yang menerima propulsi uap, kebebasan dari pengekangan angin, dan kemampuan untuk pergi ke segala arah. Dengan demikian, mereka dipekerjakan di pelabuhan untuk membantu kapal di docking dan keberangkatan
Kapal tunda sangat bermanuver, dan sistem propulsi berbagai telah dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan manuver dan meningkatkan keamanan. Kapal tunda awal yang dilengkapi dengan roda dayung, tapi ini segera digantikan oleh baling-driven kapal tunda. Nozel Kort telah ditambahkan untuk meningkatkan dorong per kW / hp. Hal ini diikuti oleh kemudi nosel-, yang meniadakan kebutuhan untuk kemudi konvensional. Baling-baling cycloidal dikembangkan sebelum Perang Dunia II dan kadang-kadang digunakan dalam kapal tunda karena manuver. Setelah Perang Dunia II itu juga terkait dengan keselamatan karena perkembangan Traktor Air Voith, konfigurasi kapal tunda yang tidak dapat dihentikan oleh belakangnya nya. Pada akhir 1950-an, Z-drive atau (azimuth thruster) dikembangkan. Meskipun kadang-kadang disebut sebagai sistem Schottel, banyak merek yang ada: Schottel, Z-Peller, Duckpeller, THRUSTMASTER, Ulstein, Wartsila, dll sistem propulsi yang digunakan pada kapal tunda yang dirancang untuk tugas-tugas seperti docking kapal dan konstruksi kelautan. Konvensional baling-baling / kemudi konfigurasi yang lebih efisien untuk port-to-port penarik.
21. Sebuah kapal kargo atau kargo adalah semacam kapal atau kapal yang membawa kargo, barang, dan bahan dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain. Ribuan pembawa kargo ply laut dunia dan lautan setiap tahun, mereka menangani sebagian besar perdagangan internasional. Kapal kargo biasanya dirancang khusus untuk tugas tersebut, seringkali yang dilengkapi dengan crane dan mekanisme lainnya untuk memuat dan membongkar, dan datang dalam semua ukuran
22. Sebuah kapal perang adalah kapal yang dibangun dan terutama ditujukan untuk pertempuran. Kapal perang biasanya dibangun dengan cara yang sama sekali berbeda dari kapal dagang. Serta menjadi bersenjata, kapal perang yang dirancang untuk menahan kerusakan dan biasanya lebih cepat dan lebih lincah dibandingkan kapal dagang. Tidak seperti kapal dagang, kapal perang biasanya hanya membawa senjata, amunisi dan persediaan untuk awak sendiri (bukan pedagang kargo). Kapal perang biasanya milik angkatan laut
23. Kapal berlayar sekarang digunakan untuk mengacu pada setiap kapal bertenaga angin yang besar. Dalam istilah teknis, kapal adalah kapal berlayar dengan rig tertentu setidaknya tiga tiang, persegi rigged pada semua dari mereka, membuat adjective berlayar berlebihan. Dalam populer "kapal" menjadi terkait dengan penggunaan semua kapal layar besar dan ketika tenaga uap datang kata sifat menjadi perlu. Kapal layar besar yang tidak kapal dicurangi mungkin lebih tepat disebut perahu.
24. Kapal selam adalah sebuah perahu yang mampu operasi independen di bawah permukaan air. Ini berbeda dari kapal selam, yang hanya memiliki kemampuan bawah air yang terbatas. Kapal selam istilah yang paling sering mengacu pada besar kapal otonom crewed, namun, secara historis atau lebih santai, kapal selam juga dapat merujuk kepada media kapal berukuran lebih kecil atau (kapal selam cebol, subs basah), Kendaraan Remotely Operated atau robot. Kapal selam Kata awalnya kata sifat yang berarti "bawah laut", dan sehingga akibatnya penggunaan lain seperti "rekayasa kapal selam" atau "kabel bawah laut" tidak mungkin sebenarnya merujuk kepada kapal selam sama sekali. Submarine disingkat dari "kapal selam" panjang.
The Landing Craft, Tank (Landing Craft Tank) adalah kapal serbu amfibi untuk tangki mendarat di beachheads. Contoh pertama kali muncul selama Perang Dunia Kedua. Mereka digunakan oleh Royal Navy dan US Navy dalam Perang Dunia II. Yang terakhir digunakan mereka setelah itu di bawah sebutan yang berbeda dalam Perang Korea dan Perang Vietnam. Selama Perang Dunia II, mereka biasa disebut dengan singkatan mereka, LCT.
kalau mau di jabarkan Lagi, Akan lebih Panjang ceritanya seperti Contoh untuk Satu Kapal Saja seperti tanker sudahh banyak jenisnya bahasa Dari Kimia tanker, kapal tanker minyak, LNG carrier, LPG carrier, Dan sebagainya.rangkuman di Atas hanya sekedar Garis besarnya Saja. yg memudah orangutan mengenali Bahasa Dari lingkup Koperasi Karyawan Bhakti Samudera Kapal Kapal yg ADA SAAT Suami


SUMBER :  http://infokapal.wordpress.com/2009/09/09/macam-dan-jenis-kapal-kapal-serta-fungsi-yg-ada-di-dunia-pelayaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar